๐ˆ๐ง๐Ÿ๐จ ๐๐š๐ก๐š๐ฌ๐š ๐€๐ซ๐š๐› | Perbezaan di antara ูˆูŽุณูŽุท dan ูˆูŽุณู’ุท

Isi Kandungan

1. Perkataan ูˆูŽุณูŽุท (Huruf ุณ berbaris fathah) bermaksud โ€œbahagian tengah objekโ€ di mana bahagian tengah objek dan keseluruhan objek adalah jisim yang sama. Contohnya :

ุฌูŽู…ููŠุนู ุงู„ู„ู‘ูŽุงุนูุจููŠู†ูŽ ูŠูŽุชูŽู…ูŽุฑู’ูƒูŽุฒููˆู†ูŽ ูููŠ ูˆูŽุณูŽุทู ุงู„ู…ูŽู„ู’ุนูŽุจู

๐˜š๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ข ๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ช๐˜ฏ ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ต๐˜ถ๐˜ฎ๐˜ฑ๐˜ถ ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ.

Bahagian tengah padang disebut ูˆูŽุณูŽุท ุงู„ู…ูŽู„ู’ุนูŽุจู. Bahagian tengah padang dan keseluruhan padang adalah jisim yang sama.

2. Perkataan ูˆูŽุณู’ุท (Huruf ุณ bertanda mati) pula merujuk kepada objek yang dilingkungi oleh beberapa objek lain di mana objek yang di tengah dan objek-objek lain yang melingkunginya itu bukan satu jisim yang sama. Contohnya:

ุฌูŽู„ูŽุณูŽ ุงู„ู…ูุนูŽู„ู‘ูู…ู ูˆูŽุณู’ุทูŽ ุทูู„ู‘ูŽุงุจูู‡ู

๐˜Ž๐˜ถ๐˜ณ๐˜ถ ๐˜ช๐˜ต๐˜ถ ๐˜ฅ๐˜ถ๐˜ฅ๐˜ถ๐˜ฌ ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ฉ-๐˜ต๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ณ๐˜ข ๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ข๐˜ซ๐˜ข๐˜ณ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข.

Maksudnya guru dilingkungi oleh para pelajarnya. Guru dan pelajar bukan satu jisim yang sama.

3. Dengan kata lain, perkataan ูˆูŽุณู’ุท (Huruf ุณ bertanda mati) adalah kata seerti kepada perkataan ุจูŽูŠู’ู†ูŽ.

Untuk ayat ุฌูŽู„ูŽุณูŽ ุงู„ู…ูุนูŽู„ู‘ูู…ู ูˆูŽุณู’ุทูŽ ุทูู„ู‘ูŽุงุจูู‡ู boleh juga diungkapkan dengan ุฌูŽู„ูŽุณูŽ ุงู„ู…ูุนูŽู„ู‘ูู…ู ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุทูู„ู‘ูŽุงุจูู‡ู. Maknanya jika boleh digantikan dengan ุจูŽูŠู’ู†ูŽ maka ia dalah ูˆูŽุณู’ุท (huruf ุณ bertanda mati). Jika tidak boleh digantikan dengan ุจูŽูŠู’ู†ูŽ maka ia adalah ูˆูŽุณูŽุท (huruf ุณ berbaris fathah).

4. Cara menentukan sama ada ูˆูŽุณูŽุท (huruf ุณ berbaris fathah) dan ูˆูŽุณู’ุท (huruf ุณ bertanda mati) adalah dengan melihat perkataan selepasnya.

(a) Jika perkataan selepasnya adalah objek-objek yang terpisah maka ia adalah ูˆูŽุณู’ุท (huruf ุณ bertanda mati). Contohnya :

ุจูŽูƒูŽุชู’ ุงู„ููŽุชูŽุงุฉู ูˆูŽุณู’ุทูŽ ุงู„ุฌูŽู…ูŽุงู‡ููŠุฑู

๐˜Ž๐˜ข๐˜ฅ๐˜ช๐˜ด ๐˜ช๐˜ต๐˜ถ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ๐˜ช๐˜ด ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ฉ-๐˜ต๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฌ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜บ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ข๐˜ช.

ูˆูŽู‚ูŽููŽ ุงู„ุฃูŽุจู ูˆูŽุณู’ุทูŽ ุฃูŽุจู’ู†ูŽุงุกูู‡ู

๐˜ˆ๐˜บ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ณ๐˜ช ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฌ-๐˜ข๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข.

Perkataan ุงู„ุฌูŽู…ุงู‡ููŠุฑ (khalayak ramai) dan ุฃุจู†ุงุก (anak-anak) adalah objek-objek yang terpisah.

(b) Jika perkataan selepasnya adalah satu objek yang tidak terpisah-pisah maka ia adalah ูˆูŽุณูŽุท (huruf ุณ berbaris fathah). Contohnya :

ุชูŽุนูŽุทู‘ูŽู„ูŽุชู’ ุณูŽูŠู‘ูŽุงุฑูŽุชููŠ ูˆูŽุณูŽุทูŽ ุงู„ุทู‘ูŽุฑููŠู‚ู

๐˜’๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ต๐˜ข ๐˜ด๐˜ข๐˜บ๐˜ข ๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ด๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ซ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฏ.

ุฃูŽู†ู’ุชูŽุธูุฑููƒูŽ ูˆูŽุณูŽุทูŽ ุงู„ุตู‘ูŽุงู„ูŽุฉู

๐˜š๐˜ข๐˜บ๐˜ข ๐˜ต๐˜ถ๐˜ฏ๐˜จ๐˜จ๐˜ถ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ถ ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ฉ-๐˜ต๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ณ๐˜ถ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ญ๐˜ฆ๐˜จ๐˜ข๐˜ณ.

ุฃูŽู…ู’ุณููƒู’ ูˆูŽุณูŽุทูŽ ุธูŽู‡ู’ุฑูู‡ู

๐˜—๐˜ฆ๐˜จ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ข๐˜จ๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข.

Perkataan ุงู„ุทู‘ูŽุฑููŠู‚ (jalan), ุงู„ุตู‘ูŽุงู„ูŽุฉ (ruang legar) dan ุธูŽู‡ู’ุฑ (belakang) merupakan satu objek yang tidak terpisah.

5. Tapi sekiranya terdapat huruf jar sebelumnya, maka perkataan ูˆุณุท akan dibaca dengan ุณ berbaris fathah dalam semua keadaan. Contohnya ูููŠ ูˆูŽุณูŽุทู ุงู„ุทู‘ูŽุฑููŠู‚, ูููŠ ูˆุณูŽุทู ุงู„ุทู„ุงุจ dan sebagainya.

Picture of Ustaz Ashafizrol Ab Hamid
Ustaz Ashafizrol Ab Hamid

Pengasas Kelas Bahasa Arab Aljahiz

Kongsikan bacaan ini di: