๐๐จ๐ญ๐š ๐๐š๐ก๐ฎ | Apakah penjelasan dari sudut Nahu untuk ungkapan seperti ู…ูู†ู’ ู‚ูŽุจู’ู„ู, ู…ูู†ู’ ุจูŽุนู’ุฏู dan seumpamanya?

Isi Kandungan

1. Kita mesti biasa dengar ayat-ayat seperti :

ู‚ูŽุงู„ููˆุง ู‡ูŽูฐุฐูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ุฑูุฒูู‚ู’ู†ูŽุง ู…ูู† ู‚ูŽุจู’ู„ู โ€“ ุงู„ุจู‚ุฑุฉ : 25

ููŽุฅูู† ุทูŽู„ู‘ูŽู‚ูŽู‡ูŽุง ููŽู„ูŽุง ุชูŽุญูู„ู‘ู ู„ูŽู‡ู ู…ูู† ุจูŽุนู’ุฏู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ูฐ ุชูŽู†ูƒูุญูŽ ุฒูŽูˆู’ุฌู‹ุง ุบูŽูŠู’ุฑูŽู‡ู โ€“ ุงู„ุจู‚ุฑุฉ : 230

Kita lihat perkataan ู‚ูŽุจู’ู„ู dan ุจูŽุนู’ุฏู dalam kedua-dua ayat di atas berbaris dhommah sedangkan terdapat huruf jar ู…ูู†ู’ sebelumnya. Bagaimakah perkara ini dijelaskan?

2. Kita kembali kepada asas. Telitikan tiga ayat berikut.

ุฃูŽู…ู’ุดููŠ ูˆูŽุฑูŽุงุกูŽ ุงู„ุทู‘ูู„ู‘ูŽุงุจู

๐’๐š๐ฒ๐š ๐›๐ž๐ซ๐ฃ๐š๐ฅ๐š๐ง ๐๐ข ๐›๐ž๐ฅ๐š๐ค๐š๐ง๐  ๐ฉ๐ž๐ฅ๐š๐ฃ๐š๐ซ.

Daripada ayat ini semua orang tahu yang saya berjalan di belakang pelajar kerana dengan terang saya menyebut perkataan ุงู„ุทูู„ู‘ูŽุงุจ selepas ูˆูŽุฑูŽุงุก.

Dalam keadaan ini status perkataan ูˆูŽุฑูŽุงุก adalah ู…ูุนู’ุฑูŽุจ ู…ูŽู†ุตููˆุจ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุธู‘ูŽุฑู’ูููŠู‘ูŽุฉุŒ ุบูŠุฑ ู…ูู†ูŽูˆู‘ูŽู† ู„ู„ุฅุถูŽุงููŽุฉู (๐˜ช๐˜ด๐˜ช๐˜ฎ ๐˜ฎ๐˜ถโ€™๐˜ณ๐˜ข๐˜ฃ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฃ ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฃ๐˜ข๐˜จ๐˜ข๐˜ช ๐˜ป๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ง ๐˜ต๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฑ๐˜ข ๐˜ต๐˜ข๐˜ฏ๐˜ธ๐˜ช๐˜ฏ ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ข ๐˜ด๐˜ต๐˜ข๐˜ต๐˜ถ๐˜ด ๐˜ฎ๐˜ถ๐˜ฅ๐˜ฉ๐˜ฐ๐˜ง๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข).

ุฃูŽู…ู’ุดููŠ ูˆูŽุฑูŽุงุกู

๐’๐š๐ฒ๐š ๐›๐ž๐ซ๐ฃ๐š๐ฅ๐š๐ง ๐๐ข ๐›๐ž๐ฅ๐š๐ค๐š๐ง๐ .

Saya ungkapkan ayat ini kepada pihak lain yang tahu tentang keberadaan saya bersama-sama pelajar. Jadi pihak berkenaan tahu yang saya berjalan di belakang pelajar walaupun saya tidak menyebut perkataan ุงู„ุทูู„ู‘ูŽุงุจ selepas ูˆูŽุฑูŽุงุก.

Ketika ini status perkataan ูˆูŽุฑูŽุงุกู adalah ู…ูŽุจู’ู†ููŠ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุถู‘ูŽู…ู‘ู (๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ญ ๐˜ฅ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ณ๐˜ช๐˜ด ๐˜ฅ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฉ ; ๐˜ต๐˜ช๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ถ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฉ-๐˜ถ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฉ).

ุฃูุญูุจู‘ู ุฃูŽู†ู’ ุฃูŽู…ู’ุดููŠ ูˆูŽุฑูŽุงุกู‹

๐’๐š๐ฒ๐š ๐ฌ๐ฎ๐ค๐š ๐ฃ๐š๐ฅ๐š๐ง ๐๐ข ๐›๐ž๐ฅ๐š๐ค๐š๐ง๐ .

โ€œ๐˜‹๐˜ช ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จโ€ di sini merujuk kepada apa sahaja secara umum. Ketika ini status perkataan ูˆูŽุฑูŽุงุกู‹ adalah ู…ูุนู’ุฑูŽุจ ู…ู†ุตููˆุจ ุนู„ู‰ ุงู„ุธู‘ูŽุฑูููŠู‘ูŽุฉุŒ ูˆู…ูู†ูŽูˆู‘ูŽู† (๐˜ช๐˜ด๐˜ช๐˜ฎ ๐˜ฎ๐˜ถโ€™๐˜ณ๐˜ข๐˜ฃ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฃ ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฃ๐˜ข๐˜จ๐˜ข๐˜ช ๐˜ป๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ง ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ต๐˜ข๐˜ฏ๐˜ธ๐˜ช๐˜ฏ).

3. Perhatikan. ูˆูŽุฑูŽุงุกูŽ ุงู„ุทู‘ูู„ู‘ูŽุงุจู, ูˆูŽุฑูŽุงุกู dan ูˆูŽุฑูŽุงุกู‹.

Jika kita maksudkan belakang tertentu, kita ada dua pilihan. Pertama ูˆูŽุฑูŽุงุกูŽ ุงู„ุทูู„ู‘ูŽุงุจ dan kedua ูˆูŽุฑูŽุงุกู (dhommah). Secara asasnya kita sebut ูˆูŽุฑูŽุงุกูŽ ุงู„ุทู‘ูู„ู‘ูŽุงุจ tapi jika konteks sudah jelas, kita boleh gugurkan ุงู„ุทู‘ูู„ู‘ูŽุงุจ dan dhammahkan ูˆูŽุฑูŽุงุกู. Proses ini dipanggil sebagai ู…ูŽู‚ู’ุทููˆุนูŒ ุนู† ุงู„ุฅุถูŽุงููŽุฉ ู„ูŽูู’ุธูŽุง ู„ูŽุง ู…ูŽุนู’ู†ู‹ู‰ (๐‹๐š๐Ÿ๐š๐ณ ๐ฆ๐ฎ๐๐ก๐จ๐Ÿ ๐ข๐ฅ๐š๐ข๐ก ๐๐ข๐ฉ๐š๐ง๐ ๐ค๐š๐ฌ ๐ญ๐š๐ฉ๐ข ๐ฆ๐š๐ค๐ง๐š๐ง๐ฒ๐š ๐๐ข๐ค๐ž๐ค๐š๐ฅ๐ค๐š๐ง).

Jika kita maksudkan belakang secara umum, bukan tertentu, maka kita mansubkan (fathahkan) dan tanwinkan ูˆูŽุฑูŽุงุกู‹. Proses ini dipanggil sebagai ู…ูŽู‚ู’ุทููˆุนูŒ ุนู† ุงู„ุฅุถูŽุงููŽุฉ ู„ูŽูู’ุธูŽุง ูˆูŽู…ูŽุนู’ู†ู‹ู‰ย  (๐‹๐š๐Ÿ๐š๐ณ ๐๐š๐ง ๐ฆ๐š๐ค๐ง๐š ๐ฆ๐ฎ๐๐ก๐จ๐Ÿ ๐ข๐ฅ๐š๐ข๐ก ๐๐ข๐ฉ๐š๐ง๐ ๐ค๐š๐ฌ).

4. Kuncinya adalah โ€œ๐ญ๐ž๐ซ๐ญ๐ž๐ง๐ญ๐ฎโ€ dan โ€œ๐ฎ๐ฆ๐ฎ๐ฆโ€. Contoh lain (a) ๐˜‹๐˜ถ๐˜ฅ๐˜ถ๐˜ฌ ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ฅ๐˜ฆ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ข๐˜ด (b) ๐˜‹๐˜ถ๐˜ฅ๐˜ถ๐˜ฌ ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ฅ๐˜ฆ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฏ [Konteks menunjukkan depan kelas] (c) ๐˜‹๐˜ถ๐˜ฅ๐˜ถ๐˜ฌ ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ฅ๐˜ฆ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฏ [umum, tidak kira di mana asalkan depan].

Untuk (a) ุงุฌู’ู„ูุณู’ ุฃูŽู…ูŽุงู…ูŽ ุงู„ุตู‘ูŽูู‘ู, untuk (b) ุงุฌู’ู„ูุณู’ ุฃูŽู…ูŽุงู…ู dan untuk (c) ุงุฌู’ู„ูุณู’ ุฃูŽู…ูŽุงู…ู‹ุง.

5. Sekarang kita kembali kepada dua ayat di atas.

ู‚ูŽุงู„ููˆุง ู‡ูŽูฐุฐูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ุฑูุฒูู‚ู’ู†ูŽุง ู…ูู† ู‚ูŽุจู’ู„ู โ€“ ุงู„ุจู‚ุฑุฉ : 25

โ€œ๐˜”๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ต๐˜ข, ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ช ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ข๐˜ฑ๐˜ข ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ช ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ณ๐˜ฏ๐˜ช๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ถ๐˜ฎโ€.

Perkataan ู‚ูŽุจู’ู„ู diletakkan baris dhammah. Maksudnya ia merujuk kepada sesuatu tertentu. Sesuatu yang tertentu itu dapat difahami dengan mudah, iaitu ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู…ุฑู’ุฒููˆู‚ (sebelum kurniaan ini).

Susunan ayat Arabnya ialah ู‡ุฐูŽุง ุงู„ุฐูŠ ุฑูุฒูู‚ู’ู†ูŽุง ู…ูู†ู’ ู‚ูŽุจู’ู„ู ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู…ุฑุฒููˆู‚ู.

Ketika Iโ€™rab kita sebut,

ู‚ูŽุจู’ู„ู : ุธุฑููŒ ู…ุจู’ู†ููŠู‘ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุถู‘ูŽู…ู‘ู ู„ูู‚ูŽุทู’ุนูู‡ู ุนูŽู†ู ุงู„ุฅุถูŽุงููŽุฉู ู„ูŽูู’ุธู‹ุง ู„ูŽุง ู…ูŽุนู’ู†ู‹ู‰

6. Kita lihat ayat kedua pula :

ย ููŽุฅูู† ุทูŽู„ู‘ูŽู‚ูŽู‡ูŽุง ููŽู„ูŽุง ุชูŽุญูู„ู‘ู ู„ูŽู‡ู ู…ูู† ุจูŽุนู’ุฏู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ูฐ ุชูŽู†ูƒูุญูŽ ุฒูŽูˆู’ุฌู‹ุง ุบูŽูŠู’ุฑูŽู‡ู โ€“ ุงู„ุจู‚ุฑุฉ : 230

โ€œ๐˜‘๐˜ช๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ค๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ข๐˜ช๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ช๐˜ด๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ช๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข, ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ช๐˜ด๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ช๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ต๐˜ช๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ญ ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ต๐˜ถ๐˜ฌ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ช๐˜ต๐˜ถ ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฉ๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ๐˜จ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ช๐˜ด๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ช๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ธ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ช ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ด๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ญ๐˜ข๐˜ช๐˜ฏ ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ข๐˜ช๐˜ฏ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข.โ€

Konteks menunjukkan bahawa โ€œ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ / ุจูŽุนุฏโ€ dalam ayat di atas merujuk kepada โ€œ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ต๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ต๐˜ช๐˜จ๐˜ขโ€. Yakni ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุงู„ุทู‘ูŽู„ุงู‚ู ุงู„ุซู‘ูŽุงู„ูุซ. Memandangkan ia sudah jelas, maka kalimah ุงู„ุทู‘ูŽู„ูŽุงู‚ yang merupakan mudhof ilaih itu digugurkan tapi maknanya tetap kekal.

7. Bandingkanlah dengan ayat-ayat lain. Contohnya :

ุฃูŽู…ู’ ุชูุฑููŠุฏููˆู†ูŽ ุฃูŽู† ุชูŽุณู’ุฃูŽู„ููˆุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽูƒูู…ู’ ูƒูŽู…ูŽุง ุณูุฆูู„ูŽ ู…ููˆุณูŽู‰ูฐ ู…ูู† ู‚ูŽุจู’ู„ู โ€“ ุฃูŠ : ู…ู† ู‚ูŽุจู’ู„ู ุณุคุงู„ููƒูู… ู‡ุฐุง

(๐˜ˆ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ถ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ถ ๐˜ฎ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ข ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ณ๐˜ช๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข ๐˜ณ๐˜ข๐˜ด๐˜ถ๐˜ญ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ถ ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ต๐˜ช ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ข ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ฎ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ต๐˜ข ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ณ๐˜ช๐˜ฑ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข ๐˜”๐˜ถ๐˜ด๐˜ข ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ถ๐˜ฎ โ€œ๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฎ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ต๐˜ข๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ถ ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ช”)

8. Dalam masa yang sama anda dapat lihat di mana ู‚ุจู„ dan ุจูŽุนุฏ dikasrahkan apabila mudhof ilaihnya dinyatakan. Contohnya :

ุซูู…ู‘ูŽ ู‚ูŽุณูŽุชู’ ู‚ูู„ููˆุจููƒูู… ู…ู‘ูู† ุจูŽุนู’ุฏู ุฐูŽูฐู„ููƒูŽ โ€“ ุงู„ุจู‚ุฑุฉ : 74

Kalimah ุฐูŽู„ููƒูŽ yang merupakan mudhof ilaih dinyatakan, maka kalimah ุจูŽุนู’ุฏ hadir sebagai zorof muโ€™rab dan dikasrahkan sebab ada huruf ู…ูู†ู’ sebelumnya.

9. Sama juga dengan ayat yang anda biasa dengar, iaitu ุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุจูŽุนู’ุฏู, ูˆูŽุจูŽุนู’ุฏู. Struktur asalnya ialah :

ุฃูŽู…ูŽุง ุจูŽุนู’ุฏูŽ ู…ูŽุง ุณูŽุจูŽู‚ูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุญูŽู…ู’ุฏู ูˆุงู„ุตู„ุงุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ู†ุจูŠ .. / ุฃู…ุง ุจูŽุนู’ุฏูŽ ู…ูŽุง ุฐููƒูุฑูŽ / ุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุจูŽุนู’ุฏูŽ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ู…ูู‚ูŽุฏู‘ูู…ูŽุฉ / ุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุจูŽุนุฏูŽ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ุฎูุทู’ุจูŽุฉ

10. Berkenaan huruf jar ู…ูู†ู’ sebelum ู‚ูŽุจู’ู„ dan ุจูŽุนู’ุฏ pula ulamak nahu memberikan tiga penjelasan.

๐๐ž๐ซ๐ญ๐š๐ฆ๐š : ู…ูู†ู’ dengan maksud ุงุจุชูุฏูŽุงุก ุงู„ุบุงูŠุฉ / ุงุจุชุฏุฃุก ุงู„ุญุฏุซ. Contohnya:

ููŽุฅูู† ุทูŽู„ู‘ูŽู‚ูŽู‡ูŽุง ููŽู„ูŽุง ุชูŽุญูู„ู‘ู ู„ูŽู‡ู ู…ูู† ุจูŽุนู’ุฏู

Perihal tidak halal itu bermula (ุงุจุชุฏุงุก) sebaik sahaja talak ketiga diucapkan.

๐Š๐ž๐๐ฎ๐š : ู…ูู† dengan maksud ูููŠ. Yakni tidak halal itu berkuat kuasa pada masa selepas talak ketiga diucapkan.

๐Š๐ž๐ญ๐ข๐ ๐š : ู…ูู†ู’ yang fungsinya untuk menguatkan ayat. Namanya ู…ูู†ู’ ุงู„ุฒู‘ูŽุงุฆูุฏูŽุฉ.

Berkenaan ู…ูู†ู’ yang memasuki zorof ini, perbahasannya agak panjang dan sangat menarik. Tapi saya berhenti di sini dahulu.

Picture of Ustaz Ashafizrol Ab Hamid
Ustaz Ashafizrol Ab Hamid

Pengasas Kelas Bahasa Arab Aljahiz

Kongsikan bacaan ini di: